Secara masif, Polres Tulungagung melakukan Pendampingan Satgas PMK

 


TULUNGAGUNG - Polres Tulungagung bersama Polsek jajaran, Koramil, pemdes memberikan pendampingan Satgas PMK (Penyakit Mulut Kuku) pada seluruh wilayah jajaran kecamatan se kabupaten Tulungagung.


drh Andriansah dan Team beserta dokter dokter hewan yang lain melakukan pengobatan ternak sapi yang suspect serta mengecek kondisi kesehatan hewan ternak guna mencegah penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK).22/7/2022


Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka antisipasi dan mencegah meluasnya wabah Penyakit Mulut dan Kuku pada hewan ternak khususnya Sapi di wilayah Kabupaten Tulungagung.


Seperti yang dilaksanakan di kandang ternak milik sdr. Suyadi dan Hartono, Dusun Kebon, Desa Bangunjaya, Kecamatan Pakel Kabupaten Tulungagung, Jum'at (22/07/2022).


Kapolres Tulungagung Akbp eko Hartanto, Sik, mh., mengatakan, pendampingan kegiatan pengobatan untuk Sapi ini merupakan upaya Polri mendukung Pemerintah dalam pencegahan meluasnya wabah PMK.


Terkhusus di wilayah Kabupaten Tulungagung sesuai dengan instruksi Kapolres Tulungagung, anggota bhabinkamtibmas harus bekerjasama dengan instansi terkait pada level desa atau kecamatan untuk bersama sama melakukan aksi nyata guna mencegah mewabahnya virus PMK 


"Kami hadir untuk mendukung sekaligus mendampingi Petugas Lapangan untuk memberikan pengobatan kepada hewan ternak Sapi yang berada di Desa desa di wilayah kabupaten Tulungagung”, ujarnya.


“Hadirnya kami bagian dari pada tupoksi Polri sebagai pelindung, pengayom dan pelayanan masyarakat"


Upaya pencegahan meluasnya wabah PMK bagian dukungan Polri kepada Pemerintah yang bertujuan untuk kepentingan masyarakat secara luas.


Sementara itu Kasi Humas Polres Tulungagung Iptu Anshori, menghimbau kepada para pemilik peternakan Sapi untuk berperan aktif dalam upaya pencegahan meluasnya wabah PMK. 


Salah satunya yakni berani melaporkan jikalau hewan ternaknya kurang sehat atau terkonfirmasi virus PMK dan tetap menjaga kebersihan kandang.


"Jangan takut untuk melaporkan kepada petugas dilapangan, khususnya anggota Bhabinkamtibmas"


 Kami siap membantu untuk menjadi penghubung warga dengan Dinas terkait dalam penanganan wabah PMK pada hewan ternak. 

 

Polres Tulungagung akan terus bersinergi dengan pemerintah untuk mengentaskan permasalahan wabah PMK, khususnya di wilayah Kabupaten Tulungagung" ujarnya


Dalam mengatisipasi penyebaran, Polres Tulungagung bersama Satgas penanganan PMK juga melakukan penyetakan di empat titik perbatasan Kabupaten Tulungagung.


“Tidak hanya melakukan penyekatan, Jajaran Bhabinkamtibas Polres Tulungagung juga melakukan pengecekan, penyemprotan dan sosialisai pada peternakan sapi di desa binaanya”, tandasnya. (Ans71-Restu)

Diberdayakan oleh Blogger.