Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa kawal Penyuntikan Vaksin PMK

 




TULUNGAGUNG – Untuk mengantisipasi penyebaran wabah Penyakit Mulut dan Kuku ( PMK ) pada hewan ternak. Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa di terjunkan untuk  melakukan  pengamanan dan pendampingan penyuntikan Vaksin PMK kepada ternak milik masyarakat.


Kapolres Tulungagung Akbp Handono Subiakto, mengatakan pelaksanaan pengawalan dan  pendampingan kepada tim yang melaksanakan penyuntikan vaksin PMK Pada hewan ternak, dilaksanakan secara menyeluruh di wilayah kabupaten Tulungagung.


“Pengamanan dan pendampingan oleh bhabinkamtibmas maupun Babinsa bertujuan untuk kelancaran pelaksanaan vaksin PMK pada hewan ternak.


 Vaksinasi ini
sangat penting mengingat terus terjadi penyebaran PMK”, di Wilayah kabupaten Tulungagung ujarnya, Jum'at (08/07/2022).



Selain itu untuk mengantisipasi penyebaran virus PMK pada hewan ternak,  Polres Tulungagung berkolaborasi dengan instansi terkait terus melakukan sosialisai kepada Peternak sapi maupun kambing.


“Kami lakukan door to door membagikan selebaran berisi himbauan ajakan kepada peternak untuk melakukan penyemprotan pada hewan maupun kandang  dan untuk melaporkan kepada petugas jika mendapati hewan piaraannya dalam kondisi sakit”, ucapnya.


”Hal ini bertujuan untuk membunuh kuman di kandang agar tetap steril dan tidak terjangkit wabah PMK serta menyebar ke hewan ternak milik masyarakat,” sambungnya.



Sebelum anggota garda terdepan dalam hal ini bhabinkamtibmas dan bhabinsa diturunkan ke lapangan untuk membantu kelancaran vaksin PMK maupun kegiatan pencegahan lainnya, terlebih dahulu diberikan pembekalan masalah PMK oleh dinas kesehatan.


Dalam kesempatan tersebut, Kapolres Tulungagung Akbp Handono Subiakto, mengimbau kepada peternak sapi untuk selalu menjaga kebersihan kandangnya.


Tidak mendatangkan ternak dari daerah yang sudah terjangkit PMK, ini penting untuk dilakukan sebagai upaya  pencegahan penyakit. (ANS71-Restu)

Diberdayakan oleh Blogger.