Silaturahmi Kamtibmas Tim Macan Agung dengan Gresrot Perguruan pencak silat yang ada di Tulungagung.

 



TULUNGGUNG – Wilayah Kabupaten Tulungagung sangat identik dengan adanya perguruan pencak silat, sehingga situasi kamtibmas yang ada di jajaran Polrses Tulungagung banyak diwarnai dengan adanya potensi konflik yang bersumber dan berlatar belakang perguruan silat. 


Tim Resmob Macan Agung adalah Tim yang sering bersentuhan dengan Gresrot perguruan, melihat situasi demikian Ketua Tim Resmob Ipda Ziko Bintang Yanotama STrK membuat terobosan dengan mengadakan pertemuan atau silaturahmi dengan Gresrot perguruan, seperti yang dilaksanakan di Warkop pada hari  Jumat tanggal 11 Juni 2022 


Pertemuan atau silaturahmi dengan gresrot perguruan silat dihadiri dari perwakilan diantaranya dari Gresrot PSHT, Gresrot PN dan Gresrot IKS dilatar belakangi seringya terjadi konflik antar ketiga Gresrot perguruan silat tersebut.



Dantim Resmob Macan Agung Ipda Ziko Bintang melaui Kasihumas Polres Tulungagung Iptu Anshori, sh, mengatakan, petemuan silaturahmi ini bertujuan   Menciptakan situasi yang aman dan kondusif di Kab. Tulungagung mengingat Tulungagung adalah merupakan Kota Pendekar, harapanya nantinya adalah wujudkan Tulungagung tanpa Kekerasan, tanpa konvoi / arak-arakan di jalan sehingga menggangu masyarakat pengguna jalan, jangan ada provokasi, rasis maupun ujaran kebencian terhadap lambang perguruan Silat karena itu adalah sumber terjadi keos dan tindakan yang mengarah melawan hukum seperti penggroyokan maupun pengrusakan barang. 


“ Wujudkan Kabupaten Tulungagung adalah Kabupateng yang Ayem Tentrem Mulyo lan tinoto, jadikanlah selogan TULUNGAGUNG KOTA PENDEKAR TANPA KEKERASAN .


Dengan silaturahmi Ini mudah mudahan dapat menyelesaikan permasalahan maupun menekan adanya gesekan/ perselisihan antar gresrot  perguruan pencak silat yang ada di Kabupaten Tulungagung.



 Harapan besar dari di adaknya silaturahmi kali ini adalah dapat saling membantu menjaga situasi Kamtibmas yg ada di Wilayahnya masing masing, apabila ada info sekecil apapun yang mengarah ke gesekan maka jangan main hakim sendiri, kita perlu sama sama segera di selesaikan dan koordinasikan agar tidak melebar.


 “ Kegiatan pertemuan atau silaturahmi ini adalah sebagai salah satu upaya untuk menggugah hati Nurani gresrot perguruan pencak silat serta untuk menyambung komunikasi, yang dimungkinkan ada komunikasi yang tidak nyambung atau tidak sampai ke lapisan terbawah dari masing masing perguruan silat. ( Ans71 Restu)

Diberdayakan oleh Blogger.